Selamat Datang di "Pojok Mata_Kuliah"

Rabu, 16 November 2011

Tingkatan Sistem Informasi

Sistem informasi bukanlah merupakan suatu sistem yang memiliki bentuk tunggal atau sama antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Sistem informasi memiliki fungsi yang berbeda, tergantung kepada pemakai dan fungsinya. Sistem informasi yang banyak digunakan oleh para pemakai akhir dibagian penjualan akan berbeda dengan sistem informasi yang dipakai oleh para manajer madya untuk menganalisis kinerja perusahaan.
Sistem informasi di berbagai instansi, perusahaan, atau organisasi memiliki fungsi yang bervariasi. Ada sistem informasi yang berfungsi untuk mencatat berbagai transaksi atau perubahan data yang terjadi, ada sistem informasi yang berguna untuk menghasilkan berbagai informasi yang digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan, dan ada sistem informasi yang bertugas memandu manajemen untuk mengambil keputusan. Agar informasi yang dihasilkan oleh system informs dapat berguna bagi manajemen, maka analis system harus mengetahui kebutuhan informasi yang dibutuhkan, yaitu dengan mengetahui kegiatan untuk masing-masing tingkat manajemen dan tipe keputusan. Dalam hal ni SIM adalah suatu system yang menyediakan pengelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas organisasi.
Sistem informasi dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa cara, misalnya berdasarkan tingkatannya, berdasarkan kegunaannya, berdasarkan prosesnya, dan seterusnya. Berikut akan dibahas sistem informasi berdasarkan tingkatannya, mulai dari tingkat yang paling bawah hingga yang paling tinggi.
Gambar berikut ini menunjukkan berbagai tingkatan sistem tersebut lengkap dengan komponen yang diperlukan untuk menyelenggarakan sistem tersebut. Komponen-komponen pokok yang diperlukan adalah basis data (yang dapat berasal dari data internal maupun data eksternal), perangkat keras dan perangkat lunak komputer, jaringan komunikasi, dokumen (baik berupa cetakan maupun tampilan di layar), prosedur, dan pengendalian. Komponen ini harus saling bekerjasama agar tujuan sistem informasi dapat dicapai.






Hubungan antara tingkatan sistem informasi dengan komponen pendukung
Dari gambar tersebut sistem informasi dapat digolongkan kedalam empat tingkatan, dimulai dari tingkatan paling bawah dan tingkatan paling tinggi. Masing-masing tingkatan sistem informasi tersebut adalah:
§  Sistem pemrosesan transaksi (transaction processing systems)
§  Sistem informasi manajemen (management information systems)
§  Sistem pendukung keputusan (decision support systems)
§  Sistem pakar (artificial intelligence atau expert system)

Tingkatan Sistem Informasi
Fungsi Utama
Pemakai Utama
Jenis Keputusan
Sistem Pakar/ Kepandaian Buatan
Menggantikan manusia dalam pengambilan keputusan
Manajemen Semua level
Keputusan terstruktur dan tidak terstruktur
Sistem Pemandu Keputusan
Membantu manajemen dalam membuat keputusan
Manajemen Puncak
Keputusan tidak terstruktur
Sistem Informasi Manajemen
Menyediakan berbagai bentuk informasi
Manajemen Madya
Keputusan semi terstruktur
Sistem Pemrosesan Transaksi
Mencatat berbagai bentuk transaksi
Manajemen Bawah
Keputusan terstruktur

Tingkatan paling atas menunjukkan system informasi yang bertanggung jawab pada perencanaan strategis yang biasanya adalah pimpinan tinggi seperti direktur dan sebagainya. System yang dipakai adalah Executive Information System (EIS).

Tingkatan paling bawah menunjukkan sistem informasi yang paling dasar, atau dengan kata lain, di dalam suatu perusahaan, sistem informasi jenis ini merupakan sistem informasi yang harus ada, karena digunakan untuk mencatat berbagai tansaksi. Transaksi yang ada di dalam suatu perusahaan, instansi atau organisasi bukanlah transaksi jual beli saja, tetapi berbagai bentuk kejadian yang menyebabkan perubahan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar